Kelas yang menginspirasi

Posted by embun guruku

Workshop Kelas yang menginspirasi di Sekolah Sophos Indonesia

12 April 2011

Pada tanggal 30 Maret 2011 saya berkesempatan http://gurukreatif.wordpress.com/?s=Sophos bertemu lagi dengan guru-guru sekolah Sophos Indonesia yang bersemangat. Setelah sebelumnya bertemu dengan para guru tersebut dalam workshop penilaian dan workshop pembelajaran inkuiri. Kali ini saya berbagi mengenai ‘kelas yang memberi inspirasi’. Bersama 25 guru yang hadir dari tingkat TK dan SD di Sekolah Sophos Indonesia dalam sesi yang pertama saya membahas mengenai ‘pembelajaran yang kontekstual’, dilanjutkan dengan sesi ke dua mengenai ‘Strategi pembelajaran’ di lanjutkan dengan melakukan mini exhibition (pameran singkat) mengenai rubrik ‘bagaimana pembelajaran dan pengajaran yang efektif’ di lakukan di kelas.

Sesi pertama dan kedua.

Saya mulai dengan mengajak semua yang hadir untuk melihat foto-foto peristiwa terkini yang terjadi akhir-akhir ini. Foto tersebut datang dari belahan dunia lain yang kesemuanya merupakan peristiwa terkini.

Dari sini saya mengajak guru yang hadir untuk memaknai bahwa pengetahuan adalah rentetan peristiwa yang terdiri dari konsep-konsep yang jika difasilitasi orang yang tepat akan bisa direkonstruksi menjadi pengetahuan yang baru yang lebih kaya dan bermakna dari pada sebelumnya.

Guru yang hadir secara berkelompok diminta membuat pertanyaan sebanyak-banyaknya dari gambar-gambar yang diberikan. Saat yang sama guru diminta untuk memperhatikan slide yang berisi jenis-jenis pertanyaan. Seperti diketahui dengan bertanya kita dapat mengetahui apakah siswa mampu menangkap apa yang kita sampaikan dan sejauh mana pembelajaran kita membuat dirinya tertarik. Sebuah pertanyaan yang baik harus mempunyai: Alasan, Fokus, Kejelasan arah dan maksud, intonasi yang jelas.

Berikut ini adalah macam dan jenis pertanyaan berdasarkan taksonomi bloom

PENGETAHUAN

siapa, apa, kapan, dimana, bagaimana …?

PEMAHAMAN

menafsirkan

menerjemahkan dari satu medium ke yang lain

menjelaskan dalam kata-kata sendiri

organisasi dan pemilihan fakta dan ide-ide

menceritakan kembali …

APLIKASI

pemecahan masalah

menerapkan informasi untuk menghasilkan beberapa

penggunaan fakta-fakta, aturan dan prinsip-prinsip

bagaimana … contoh …?

bagaimana … terkait dengan …?

mengapa … signifikan?

ANALISIS

apa saja bagian-bagian atau fitur dari …?

mengklasifikasikan … menurut …

outline / diagram …

bagaimana … membandingkan / kontras dengan …?

bukti apa yang dapat Anda daftar …?

SINTESIS

apa yang akan Anda memprediksi / simpulkan dari …?

apa ide-ide yang dapat Anda tambahkan ke …?

bagaimana anda akan membuat / desain baru …?

apa yang mungkin terjadi jika Anda dikombinasikan …?

solusi apa yang akan Anda sarankan untuk …?

EVALUASI

apakah anda setuju bahwa …?

apa pendapatmu tentang …?

apa yang paling penting …?

tempat berikut ini dalam urutan prioritas …

bagaimana Anda memutuskan tentang …?

kriteria apa yang akan Anda gunakan untuk menilai …?

Sesi Kedua

Di sesi ini guru diminta untuk mendalami sstrategi belajar mengajar sambil secara berkelompok memperagakan. Adapun strategi pembelajaran sangat dibutuhkan guru dalam upaya untuk membuat siswa aktif dan pada akhirnya akan membuat pembelajaran menjadi menantang. Dengan demikian semua individu dikelas bisa menjadi sumber pengetahuan. Adapun dalam sesi ini strategi yang dibahas antara lain;

Jigsaw

Round robbin

Think pair share

2 stay 3 stray

STAD

Sesi ketiga

Guru diminta untuk bersama kelompoknya membuat rubrik penilaian pembelajaran dan pengajaran yang efektif. Kategori antara lain perencanaan pembelajaran, keterampilan dalam bertanya, aktivitas pembelajaran serta tingkat keterlibatan siswa.

Workshop yang berlangsung satu hari membuat semua yang hadir menjadi sadar bahwa mengajar dengan semangat saja belum cukup. Dibutuhkan persiapan, pengetahuan, kerjasama antar guru dan yang terpenting sikap untuk selalu berefleksi terhadap praktek yang dijalankan sehari-hari dikelas.

Hormat saya untuk segenap pimpinan dan manajemen Sekolah Sophos Indonesia yang memandang bahwa perubahan praktek guru dikelas hanya bisa dicapai salah satunya lewat pelatihan guru yang berkelanjutan dan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Silahkan melihat foto yang lain di sini

https://picasaweb.google.com/a.sampurno/SekolahSophosInspiringClassroomWorkshop?feat=directlink

0 komentar:

Posting Komentar